Di Hari Jadinya Mamuju, Pemkab Siap Genjot Lagi Program Kembali Bersekolah

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Mamuju yang ke-476 Tahun, Bupati Mamuju Habsi Wahid menegaskan akan memprioritaskan penggenjotan program gerakan “Kembali Bersekolah”. Hal ini ditempuh demi menuntaskan angka anak utus sekolah, yang juga bertujuan untuk pemerataan pendidikan di Kabupaten Mamuju.

harlah mamuju

(Berita/Foto: RakyatSulbar)

“Tentu kita berharap masyarakat semakin maju dengan persiapan-persiapan pembangunan pemerintah, di hari jadi Kabupaten Mamuju ini, saya juga menyumbangkan satu program “Kembali Bersekolah” dalam menyentuh masyarakat secara langsung dalam rangka peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan dengan membuat programmnya serta hari ini membagikan pakaian seragam gratis bagi anak-anak SD dan SMP,” kata Habsi saat usai mengikuti rapat paripurna HUT Mamuju yang ke-476, di Gedung DPRD Mamuju, Kamis (14/6).

Habsi menambahkan, di tahun ini sebanyak 3000 anak putus sekolah yang diprioritaskan akan dibantu untuk kembali mengenyam dunia pendidikan. Hal itu menurut Habsi, membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam rangka mewujudkan pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Mamuju.

“Program ini tidak bisa terlaksana tanpa dukungan masyarakat secara langsung, ada sembilan ribu angka anak putus sekolah, dan kita harus keluar dari situ. Rasionalnya, bagaimana kita mau meratakan pendidikan, di satu sisi angka anak putus sekolah itu masih tinggi, tentu ini tidak bisa kita biarkan. Dengan kebersamaan kita semua, saya kira Mamuju ini tidak susah untuk dibangun, kalau eksekutif, yudikatif, legislatif dan semua elemen masyarakat bahu-membahu membangun, memberikan pemikiran inovatif dan konstruktif,” terangnya.

Menjawab terkait anggaran yang akan digunakan dalam mensukseskan program Kembali Bersekolah, Habsi akan memanfaatkan dana dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju, dengan merevisi sejumlah kegiataan yang bukan prioritas.

“Anggarannya setelah dihitung untuk kebutuhan mengentaskan 3.000 anak sekolah sekitar Rp 1,5 miliar, dan memang belum tersedia di APBD. Kita akan upayakan anggaran di Dinas Pendidikan sekitar Rp 700 juta, akan dialihkan, serta beberapa program yang tidak prioritas akan direlokasi untuk program ‘Kembali Berskolah’ ini. Di samping itu, kita upayakan sumbangsih dari organisasi sosial, misalnya Unicef yang sudah siap membantu 3.000 buah tas, PTTP membantu paket topi dan sepatu, serta bantuan dari para pelaku ekonomi yang ada di Mamuju, pihak perbankan, swasta maupun dari pihak Polres. Kita optimis ini akan menjadi solusi,” tukas Habsi. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org