Demi Penggemukan Sapi Potong, Bupati Beltim Tawarkan 132 Ha ke Investor

Bupati Belitung Timur (Beltim) menawarkan sekitar 132 hektare lahan di Kecamatan Simpangpesak dan 105 hektare di Kecamatan Simpangrenggiang untuk wilayah Penggemukan Sapi Potong. Hal ini disampaikan oleh Bupati Beltim Yuslih Ihza Mahendra saat mempresentasikan data dukungan peluang tersebut di jamuan ratusan anggota rombongan Malindo Bussiness Cultural and Centre (MBCC) di Auditorium Zahari MZ, Minggu (10/9/17).

(Berita: TribunNews Foto: Pos Belitung/Dedi Qurniawan)

Potensi ini, menurut Yuslih, didukung setidaknya oleh kemudahan pakan dan infrastruktur pelabuhan yang dinilai dekat. Satu hektare lahan disebut bisa digunakan untuk penggemukan 1.000 sapi. “Sumber pakan dapat menggunakan pelepah sawit dan lain-lainnya,” imbuh Yuslih.

Sementara peluang lainya, yakni budidaya rumput laut juga ditawarkan dengan alasan besarnya permintaan yang berasal dalam dan luar negeri. Perairan Beltim dinilai dangkal dan ombak kecil. Hasil penelitian pada 2008, kata Yuslih, dinilai sangat cocok untuk budidaya rumput laut.

Dua titik lokasi di Beltim dengan total luas sekitar 6.000 hektare yang berada di dua kecamatan yakni pesisir pantai di Kecamatan Gantung dan Kecamatan Simpang Pesak. Yuslih menyebut satu hektare lahan tersebut bisa memproduksi satu ton rumput laut. Ia lantas berujar, “Pemerintah akan memberikan kemudahan untuk perizinan dan pemenuhan infrastruktur seperti jalan dan listrik dan infrastruktur lainnya.” (*)

About Humas 445 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org