Demi Generasi Sehat-Cerdas, IBI Kawal Program 1000 Hari Pertama Kehidupan di Tanbu

Untuk mencetak generasi sehat dan cerdas di wilayah Bumi Bersujud, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), akan mengawal program pemerintah 1000 hari pertama kehidupan.

IBI Kawal-program-1000-hari-pertama-kehidupan

(Sumber: Merdeka)

Hal itu dikatakan Ketua IBI Tanbu Hj. Sulikah SKM, dihadapan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, bersama jajaran Pemeritahan Tanbu, Polres Tanbu, dan sekitar 500 Bidan se-Kalsel, serta undangan yang lainnya, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke-56, dengan tajuk “Penguatan Peran IBI dalam Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Untuk Mendukung Pencapaian SDGs”.

IBI bersama Pemerintah Tanbu, akan terus fokus untuk mengawal program pemerintah yakni 1000 hari pertama kehidupan dalam mempersiapkan generasi Tanah Bumbu yang sehat, kuat, dan cerdas. “Kami akan terus mensosialisasikan 1000 hari kehidupan kepada semua masyarakat Tanah Bumbu, agar semua sadar memahami betapa pentingnya menjaga tumbuh kembang anak,” kata Sulikah, di Tanah Bumbu, Rabu (28/7).

Di lain pihak, Ketua IBI Provinsi Kalsel Tut Barkinah, S. SiT, MPd mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan HUT IBI ke-56 hingga berjalan dengan meriah dan lancar.

Pada kesempatan itu pula, IBI Kalsel berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas. Pihaknya juga berjanji akan melakukan hal yang sama, serta berkontribusi nyata kepada pemerintah dalam hal mengurangi angka kematian bayi dan ibu hamil.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kami mengajak kepada Bidan untuk terus meningkatkan kemampuannya melalui pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming berharap, kedatangan bidan se-Kalsel untuk melaksanakan HUT IBI ke-65 ini, hendaknya memberikan manfaat untuk saling bertukar informasi di bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan bidang kesehatan menurutnya, menjadi fokus perhatian pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. Salah satunya dengan meluncurkan program pelayanan operasi cesar gratis untuk ibu melahirkan. Dengan adanya program ini pada tahun pertama kepemimpinannya, menurutnya, angka kematian ibu dan bayi telah mengalami penurunan.

“Keberhasilan penurunan angka kematian ibu dan anak, selain didukung program cesar gratis juga didukung peran bidan dalam membantu proses persalinan,” imbuh Mardani yang juga Ketua Umum Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) ini

Untuk memeriahkan perayaan HUT IBI yang bertempat di Kabupaten Tanah Bumbu, pihak panitia membuat berbagai acara seperti kegiatan seminar sehari mengawal 1000 hari pertama kehidupan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan bazaar produk kerajinan serta pembagian door prize. Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang terfokus pada bidang kesehatan seperti melaksanakan KB implan gratis, senam hamil secara massal, penyuluhan pengawalan 1000 hari pertama kehidupan kepada masyarakat dan organisasi wanita di Tanbu, serta berbagai kegiatan lainnya. Juga panitia mengundang penyanyi rock Arul yang tak lain merupakan vokalis Band Power Metal yang terkenal dengan nada suara melengking. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org