Dekati Hari-H, Bupati Siak Dampingi Gubri Tinjau Persiapan Peringatan HLH Sedunia 2016

Gubernur Riau (Gubri) H. Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto, Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, Bupati Siak H. Syamsuar, Wakil Bupati Siak Alfredi dan Forkopimda Kabupaten Siak serta jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Siak, Ahad (10/7/2016) meninjau persiapan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia nasional sekaligus peluncuran Taman Nasional Zamrud (TNZ) yang akan digelar di Kabupaten Siak.

Dekati Hari-H, Bupati Siak Dampingi Gubri Tinjau Persiapan Peringatan HLH Sedunia 2016

(Berita/Foto: RiauPos)

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan diselenggarkan di Kabupaten Siak dan sekaligus launching Taman Nasional Zamrud. Kami sudah meninjau persiapan-persiapanya mulai dari helipad dan tempat-tempat yang akan dikunjungi Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman.

Pada peringatan puncak HLH Sedunia tingkat Nasional tahun 2016 ini, dijadwalkan akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Sejatinya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati tiap tanggal 5 Juni. Namun untuk tingkat Nasional tahun ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menggelar kegiatan tersebut pada hari Sabtu, tanggal 23 Juli 2016, sekaligus peluncuran Taman Nasional Zamrud (TNZ).

KLHK melalaui Surat Keputusan (SK) Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 tanggal 4 Mei 2016, telah menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

Gubri menuturkan pada rangkaian kegiatan peringatan HLH tahun 2016 di Siak, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pelepasan bibit ikan di sungai Siak dan penanaman pohon sekaligus meninjau Istana Siak Sri Indrapura. Dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia Gubri juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bertekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

“Mari sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dengan tekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Go Wild for Life,” ujar Gubri pria yang selalu biasa akrab disapa Andi Rachman.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Tema Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) 2016 adalah memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Tema ini diwujudkan dalam sebuah slogan, Go Wild for Life. Di mana perdagangan ilegal satwa liar telah menjadi mengikis keanekaragaman hayati di bumi dan mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies yang mengagumkan seperti badak, harimau, dan gajah. Satwa-satwa liar tersebut saat ini menjadi hewan langka yang terancam punah. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org