Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, Lepas Peserta Jalan Sehat HUT TNI Ke-71

Banyak cara memperingati HUT TNI yang ke-71. Misalnya seperti jalan sehat yang para peserta dilepas secara resmi oleh Bupati Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Mardani H. Maming, dari halaman Makodim 1022 Tanah Bumbu yang berada di Jalan Transmigrasi KM 4,5, Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, dan finish di tempat yang sama pada Minggu (9/10).

bupati-tanah-bumbu-jalan-sehat-hut-ke-71-tni

(Sumber: Merdeka)

Kegiatan jalan yang diikuti oleh ribuan peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, PNS dan honorer Pemkab Tanbu, pelajar dan ribuan masyarakat Bumi Bersujud ini merupakan kerjasama harmonis antara Kodim 1022 Tanbu bekerjasama dengan Pemkab Tanbu. Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memeriahkan HUT Ke-71 TNI yang diperingati di Kabupaten Tanbu. Dipilihnya olahraga jalan sehat dengan melibatkan semua lapisan masyarakat tersebut, karena olahraga jalan sehat merupakan olahraga yang mudah, murah, namun memiliki banyak manfaat.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan jalan sehat ini, selain untuk menyehatkan masyarakat Tanbu, dan untuk mempererat tali silaturahmi diantara kita semua, juga sebagai salah satu upaya Pemda untuk mewujudkan Tanbu sehat dan Tanbu hebat,” imbuh Mardani.

Pria yang pernah meraih rekor MURI sebagai  bupati termuda se Indonesia ini menambahkan, kedepannya Pemda akan mengagendakan kegiatan jalan sehat di seluruh kecamatan, dan di kabupaten. Setiap bulan akan dilaksanakan kegiatan jalan sehat, dengan tempat pelaksanaan yang berbeda – beda. “Bulan depan jalan sehat akan kembali dilaksanakan untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November,” jelasnya.

Menurutnya, jalan sehat atau olahraga jalan kaki, adalah olahraga ringan dan murah namun banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat jalan sehat di pagi hari, diantaranya mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) meningkatkan kadar HDL, meningkatkan denyut jantung, menurunkan risiko terkena penyakit, mengurangi risiko terkena diabetes, asma, dan bahkan beberapa jenis kanker. Selain itu, kegiatan jalan sehat dapat menjaga berat badan tetap normal, meningkatkan massa otot, membantu mencegah demensia (pikun), mencegah osteoporosis, membentuk dan memperkuat kaki, meningkatkan kadar vitamin D, serta membuat tubuh lebih berenergi dan bahagia. (*)

About Humas 544 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org