Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Apresiasi Sungkeman sebagai Tradisi Hari Pertama Masuk Sekolah

Terkait dengan anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan agar aparatur sipil daerah mengantar anaknya di hari pertama sekolah pada 18 Juli, Program “Gerakan Orangtua Antar Anak ke Sekolah” juga disambut baik di Kabupaten Lombok Utara. Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar pun menghadiri acara sungkeman siswa-siswi baru di SMPN 3 Tanjung, Senin, (18/07).

Bupati Lombok Utara Hadiri Hari Pertama Siswa Masuk Sekolah

(Berita/Foto: LombokUtaraKab. Tampak Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar (paling kanan) menghadiri acara sungkeman siswa-siswi baru di SMPN 3 Tanjung, Senin, (18/07)

Sungkeman ini menurut Kepala SMPN 3 Tanjung, Sukarmin merupakan kegiatan yang pertama kali digelar pihaknya dari sejak berdiri dan diresmikan sejak 7 Mei 1998 silam. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan kesan mendalam bagi seluruh siswa-siswi yang akan menimba ilmu selama 3 tahun ke depan di SMPN 3 Tanjung.

“Hal ini sengaja digelar semata-mata ingin melengkapi kebahagiaan seluruh siswa-siswi dengan menghadirkan seluruh orang tua-wali. Selain itu, kami juga ingin mengajak orang tua-wali mau bekerja sama dengan sekolah untuk membangun akhlak anak secara bersama-sama. Alhamdulillah semuanya mendukung yang dibuktikan dengan kehadiran calon siswa-siswi yang diantar langsung oleh orang tua-walinya,” imbuh Sukarmin.

Sukarmin menambahkan, dalam acara sungkeman selain siswa-siswi diantar langsung oleh orang tua-walinya, pihak sekolah juga ingin agar siswa-siswi melakukan sungkeman kepada orang tua-walinya. “Ini dimaksudkan agar si anak meminta maaf dan minta do’a restu kepada orang tua-walinya sebagai simbol seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Selain itu, dengan meminta maaf dan ucapan terima kasih kepada kedua orang tua, karena selama ini telah banyak memberi,mengasihi dan merawat putra-putrinya serta permohonan do’a untuk meniti masa depannya. (*)

About Humas 556 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org