Buka Raker Evaluasi Penyelenggaraan Pemda, Mendagri Ingatkan Peran APIP

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menghadiri serta membuka rapat kerja evaluasi pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah (pemda) pagi ini di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, (26/9). Mendagri pun mengingatkan kepada kepala daerah untuk lebih mengoptimalkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

mendagri_apip

(Sumber: Kemendagri)

Menurut Mendagri Tjahjo, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan Pemda untuk mengoptimalkan peran APIP yakni membentuk APIP yang memiliki integritas, profesionalisme, serta kapabilitas. Mendagri mengungkapkan ada permasalahan serius yang terjadi di daerah saat ini, adalah rendahnya integritas dalam penyelenggaraan pemda.

“Selain adanya masalah kurangnya integritas, adanya penyalahgunaan wewenang oleh kepala daerah dalam perizinan, masih terdapatnya perda-perda yang tumpang tindih, itu salah contoh masalah yang harus kita selesaikan bersama,” imbuh Mendagri sambil menyarankan agar APIP bersifat independen serta adanya pemenuhan jumlah personil APIP.

“Masalah terpenting adalah adanya pengawasan terhadap anggaran, masalah keuangan, karenanya APIP harus mendekatkan hasil pengawasannya kepada isu-isu terkini dan mendeteksi potensi terjadinya korupsi sejak dini,” tambah Tjahjo. Mendagri juga mengajak kepada seluruh pemerintah daerah untuk saling bekerja sama mengelola daerah baik dari segi konsistensi dokumen perencanaan dan penganggaran daerah maupun kepatuhan dari masing-masing daerah. (*)

About Humas 487 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org