Apkasi Dukung Penuh Inisiatif Kembalikan Kejayaan Kelapa Indonesia

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendukung penuh kegiatan Temu Nasional Koalisi Pemerintah Kabupaten Pemerhati Kelapa yang dihadiri oleh 11 bupati dan 95 perwakilan daerah penghasil kelapa se-Indonesia di Bongohulawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin (27/11/17. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah kongkrit untuk memulai inisiatif mengembalikan kejayaan kelapa di Indonesia.

(Tampak suasana foto bersama para delegasi Temu Nasional Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa di Grontalo, Senin (27/11/17). Foto: Humas Apkasi)

Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Bidang Hukum dan HAM Apkasi yang juga menjabat sebagai Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, pihaknya menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas inisiatif digelarnya kegiatan tersebut. “Jika perlu hasil dari pertemuan ini dapat dibawa ke jenjang yang lebih tinggi sehingga dampaknya pun bisa lebih besar lagi,” ujarnya.

(Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin membacakan sambutan Ketua Umum Apkasi dalam Temu Nasional Bupati Pemerhati Kelapa di Gorontalo, Senin (27/11/17). Foto: Humas Apkasi)

Menurut Indra, kepala daerah dan juga perwakilan daerah yang hadir pada kegiatan itu tentunya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang tidak sedikit tentang kelapa. “Kami berharap pertemuan ini dilandasi oleh semangat berbagi ilmu pengetahuan. Seandainya kita berhitung dari para kepala daerah atau pejabat yang berkecimpung mengurusi perkebunan kelapa ini membawa masing-masing lima tahun pengetahuan dan pengalamannya,” ungkap Indra dengan nada tanya.

Indra pun lantas menyambung, padahal dalam kegiatan temu nasional ini hadir puluhan bahkan ratusan orang yang kompeten dan kredibel, maka sebanyak itulah ilmu pengetahuan yang terkumpul dan tersaji pada pertemuan tersebut. “Sehingga tidak berlebihan jika tema pada kegiatan ini yaitu `Bersatu Membangun Kekuatan Mengembalikan Kejayaan Kelapa Nasional`, harapan ini akan bisa diwujudkan bersama,” kata dia.

(Tampak Ketua HKTI Moeldoko didampingi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo meninjau stand pameran produk-produk olahan berbahan dasar kelapa. Foto: Humas Apkasi)

Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, pada kegiatan tersebut pihaknya juga mempertemukan pengusaha kelapa dengan para kepala daerah yang memiliki potensi investasi di bidang kelapa. “Untuk mewujudkan kembalinya kejayaan kelapa membutuhkan sinergi kita semua sehingga dengan adanya pertemuan ini kita akan mengidentifikasi masalah kelapa dari hulu hingga hilir,” ujar Nelson sambil menambahkan sehari sebelumnya telah diluncurkan pasar kelapa online melalui situs KampungKelapa.com.

(Tampak Bupati Buol, Amiruddin Rauf didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo sedang melakukan aksi tanam pohon kelapa. Foto: Humas Apkasi)

Hadir dalam kegiatan Temu Nasional Koalisi Pemerintah Kabupaten Pemerhati Kelapa di antaranya Moeldoko selaku Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Wakil Gubernur Gorontalo, Staf Kantor Kepresidenan, wakil Kementerian Pertanian, para kepala daerah, pengusaha kelapa, petani kelapa serta para penyuluh kelapa. Selain itu, dilakukan aksi tanam pohon kelapa secara simbolis sebagai upaya program replanting kelapa. (*)

About Humas 460 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org