Studi Banding ke Bantaeng, Humas Pemkab Seram Bagian Timur Belajar Kelola Pemberitaan dan Media

Era sekarang memang menuntut adanya sinergi antar daerah, bukannya lagi jamannya tampil sendirian. Ini pula yang menjadi alasan ketika rombongan Humas dan Protokol Pemkab Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, melakukan studi banding ke Pemkab Bantaeng, Senin (20/11/2017). Kedatangan mereka dalam rangka mempelajari dan melihat langsung segala hal terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

(Tampak suasana diskusi saat rombongan Humas dan Protokol Pemkab Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku melakukan studi banding ke Pemkab Bantaeng, Senin (20/11/2017. Berita/Foto: Edi Hermawan/TribunNews).

Rombongan diterima secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Setda Bantaeng, Ansar Tuba, didampingi Kabag Humas dan Protokol Bantaeng, Idham Kadir di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Bantaeng. Kabag Humas dan Protokol Pemkab Seram Bagian Timur, Ilham Hoedrawi, mengatakan bahwa pihaknya datang untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pelayanan informasi dan menampung segala bentuk kritik serta saran dari masyarakat.

“Kami memilih Bantaeng atas pertimbangan Bupati dan juga menerima banyak masukan bahwa Bantaeng dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan pesat dari berbagai sisi, termasuk yang terkait dengan tupoksi humas,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi, Ansar Tuba pada kesempatan tersebut memberi pemaparan singkat mengenai progres pembangunan Kabupaten Bantaeng di bawah pemerintahan Nurdin Abdullah. “Pesatnya pembangunan Bantaeng tentu juga tidak terlepas dari peran media. Oleh karena itu kami juga membekali media lokal dengan melakukan studi ke kantor dewan pers dan Pemkab lainnya,” ujarnya.

Setelah penerimaan juga dilakukan diskusi lepas terkait minat masyarakat dan media, utamanya dalam meminta informasi terkait pelaksanaan kegiatan pemerintahan maupun pembangunan daerah di Bantaeng. Turut hadir Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi, Andi Sukmawati, Kasubag Protokol, A Arief Budiawan P, Kasubag Tata Usaha Pimpinan, Zaenal Maksud, serta para staf Humas dan Protokol Pemkab Bantaeng. (*)

About Humas 454 Articles
Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Kantor Sekretariat: Gedung Sahid Sudirman Center, Lt.21. Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta, 10220 Phone: +6221 2788-9480 Fax: +6221 2788-9481 Email: info@apkasi.org